Advertise

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan

jalurbaru'S BLOG

on Tuesday, June 18, 2013 | 6:10 PM

Pengertian Laporan Keuangan. Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan. Proses tersebut meliputi proses pengumpulan dan pengolahan data keuangan perusahaan.

Menurut Djarwanto (200), laporan keuangan pada hakekatnya merupakan : “Informasi hasil akhir dari kegiatan akuntansi perusahaan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan yang sangat berguna bagi pihak yang ada dalam perusahaan (intern) dan pihak yang berada di luar perusahaan (ekstern).”
Tujuan Laporan Keuangan
Weston dan Copeland (2003) mengemukakan laporan keuangan atau finansial statements (biasanya dalam bentuk neraca dan perhitungan laba rugi) berisi informasi tentang kinerja/prestasi perusahaan yang dapat memberikan petunjuk dalam penetapan kebijakan dimana yang akan datang.

Informasi mengenai kondisi perusahaan memang sangat penting dan laporan keuangan merupakan media informasi yang merangkum informasi tersebut yang menyangkut posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan ekonomi. 

Tujuan Laporan Keuangan

Jopie Yusuf (2000) menjelaskan bahwa ada 5 tujuan diadakan laporan keuangan yaitu :

(1) Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan kewajiban suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba. 

(2). Memberikan informasi keuangan yang membantu para pemakai laporan dalam menafsir potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.

(3). Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan kewajiban suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba.Memberikan informasi penting lainnya mengenai perubahan aktiva dan kewajiban suatu perusahaan seperti informasi mengenai aktivitas pembiayaan dan investasi.

(4). Mengungkapkan sejauhmana informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk kebutuhan pemakai laporan seperti informasi mengenai kebijakan akuntansi yang dianut perusahaan.

(5). Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai aktiva dan kewajiban serta modal suatu perusahaan.

Referensi Artikel

PS, Djarwanto. 2004. Pokok – pokok Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : BPFC

Weston, J. Fred dan Thomas E, Copeland. 2003. Manajemen Keuangan (diterjemahkan oleh Dodo Suharto, SE, MBA, Akt dan Herman Wibowo). Jakarta : Penerbit Erlangga

Yusuf, Jopie.2000. Analisis Kredit untuk Account Offices. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama


/[ 0 komentar Untuk Artikel Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan]\

Post a Comment