Advertise

Pengertian Harga Jual dan Metode Menentukan Harga Jual

jalurbaru'S BLOG

on Sunday, July 14, 2013 | 2:31 PM

Pengertian Harga Jual. Harga jual adalah besarnya harga yang akan dibebankan kepada komsumen yang diperoleh atau dihitung dari biaya produksi ditambah biaya nonproduksi dan laba yang diharapkan (Mulyadi 2005).

Harga jual (selling Price) adalah harga jual meliputi biaya yang dikeluarkan untuk produksi dan distribusi,ditambah dengan jumlah laba yang diinginkan (Alimisyah dan padji 2003)

Maka disimpulkan bahwa harga jual adalah besarnya harga yang dibebankan dikeluarkan untuk diproduksi tambah biaya non produksi dan jumlah laba yang diinginkan.
Metode Menentukan Harga Jual
Metode Menentukan Harga Jual

Menurut Siswanto Sutojo (2008) pada dasarnya, minimumkan ada kelompok cara menentukan harga jual, yaitu :

1. Harga pengadaan ditambah selisih,atau marjin tertentu.

Metode ini banyak sekali disukai oleh pedagang. Sebab utama mereka menyukainya,karena mereka merasa praktis  dan mudah.Jenis produk yang dijual dengan pedagang biasanya cukup banyak. Sedangkan jumlah penjualan tiap jenis produk, sedikit saja.

Harga pengadaan ditambah marjin. Para pedagang,baik itu agen, pedagang besar, grosir maupun pengecer suka menetapkan harga barang dagangan mereka berdasarkan harga pengadaan ditambah marjin.

Secara keseluruhan jumlah margin yang mereka terima dari berbagai macam barang dagangan, harus dapat menutup seluruh biaya, dan menyisahkan keuntungan. Perhitungan persentase marjin dapat dilakukan secara maju atau mundur. Dalam cara maju, pedagang menetapkan penjumlah persentase margin harga tertentu dari harga penjualan. Harga jual produk sama dengan harga pembelian ditambah marjin.
 
2. Biaya rata-rata.

Dalam metode penentuan harga berdasarkan biaya rata-rata dibedakan perbedaan sifat biaya berdasarkan jumlah produksi dan penjualan produk, yaitu biaya tetap dan biaya variabe total.

Jumlah biaya adalah seluruh biaya tetap ditambah total seluruh biaya variable. Oleh karena ituharga jual produk dapat ditentukan dengan berbagai macam cara, antara lain dengan menentukan persentase tertentu dari jumlah dana yang tertanam (ROI).

Referensi Artikel

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta : UPP STIM YPKN


/[ 1 komentar Untuk Artikel Pengertian Harga Jual dan Metode Menentukan Harga Jual]\
Alexandra Christie said...

Prediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

Post a Comment