Advertise

Peran Sistem Keuangan

jalurbaru'S BLOG

on Thursday, October 30, 2014 | 7:47 PM

Peran Sistem Keuangan. Sistem keuangan merupakan tatanan perekonomian dalam suatu negara yang berperan dan melakukan aktivitas dalam berbagai jasa keuangan yang diselenggarakan oleh lembaga keuangan. Tugas utama sistem keuangan adalah mengalihkan dana yang tersedia (loanable fund) dari penabung kepada pengguna dana untuk kemudian digunakan membeli barang dan jasa-jasa disamping untuk investasi sehingga ekonomi dapat tumbuh dan meningkatkan standar kehidupan. Oleh karena itu, sistem keuangan memiliki peran yang sangat prinsipiil dalam perekonomian dan kehidupan.

peran sistem keuangan

Berbagai studi menunjukkan bahwa sistem keuangan memainkan peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Perkembangan sistem keuangan memengaruhi tingkat tabungan, investasi, inovasi teknologi, dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang disuatu negara, bahkan perkembangan sistem keuangan mampu memprediksi perkembangan ekonomi ke depan. Umumnya negara-negara yang menjadi pemimpin perekonomian duania adalah negara-negara yang berhasil mengembangkan sistem keuangan yang relatif lebih maju dan berfungsi dengan baik.

Referensi Artikel

Soemitra Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana : Jakarta


/[ 1 komentar Untuk Artikel Peran Sistem Keuangan]\
Unknown said...

sistem keuangan memang memiliki peran penting. oleh karena itu, untuk pengelolaannya kita akan sangat membutuhkan sebuah software keuangan perusahaan.

Post a Comment