Advertise

Pengertian Persalinan

jalurbaru'S BLOG

on Wednesday, November 12, 2014 | 4:29 AM

Pengertian Persalinan. Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian fisiologi yang normal dalam kehidupan. Kelahiran seorang bayi juga merupakan peristiwa sosial bagi ibu hamil dan keluarga. Peranan ibu adalah melahirkan bayinya, sedangkan peranan keluarga adalah memberikan bantuan dan dukungan pada ibu ketika terjadi persalinan. Dalam hal ini peranan petugas kesehatan tidak kalah penting dalam memberikan bantuan dan dukungan pada ibu agar seluruh rangkaian proses persalinan berlangsung dengan aman baik bagi ibu maupun bagi bayi yang dilahirkan.
Persalianan
Beberapa istilah yang berkaitan dengan persalinan sebagai berikut.

1. Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks, dan janin turun ke jalan lahir.

2. Kelahiran adalah proses dimana janin dan ketuban didorong keluar melalui jalan lahir.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa persalinan (Labor) adalah rangkaian peristiwa mulai dari kenceng-kenceng teratur sampai dikeluarnya produk konsepsi (janin, plasenta, ketuban, dan cairan ketuban) dari uterus ke dunia luar melalui jalan lahir atau melalui jalan lain, dengan bantuan atau kekuatan sendiri.

3. Paritas adalah jumlah janin dengan berat badan lebih dari 500 gram yang pernah dilahirkan, hidup maupun mati, bila berat badan tidak diketahui, maka dipakai umur kehamilan lebih dari 24 minggu.

4. Delivery (kelahiran) adalah peristiwa keluarnya janin termasuk plasenta.

5. Gravida (kehamilan) adalah jumlah kehamilan termasuk abourtus, molahidatidosa dan kehamilan ektopik yang pernah dialami oleh seorang ibu.

6. Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam waktu 18-24 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun janin.

7. Spontan adalah persalinan terjadi karena dorongan kontraksi uterus dan kekuatan mengejan ibu.

Referensi Artikel

Sumarah dkk. 2009. Perawatan Ibu bersalin.Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin. Fitramaya : Yogyakarta


/[ 0 komentar Untuk Artikel Pengertian Persalinan]\

Post a Comment