Advertise

Definisi dan Tujuan Ilmu Ekonomi Regional

jalurbaru'S BLOG

on Wednesday, December 10, 2014 | 11:49 PM

Definisi dan Tujuan Ilmu Ekonomi Regional.  Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi keb utuhan hidupnya yang ketesediaanya atau kemampuan orang mendapatkannya terbatas. Pengertian ilmu ekonomi regional atau ilmu ekonomi wilayah adalah suatu cabang dari ilmu ekonomi yang dalam pembahasannya memasukkan unsur  perbedaan potensi satu wilayah dengan wilayah yang lain.

Tujuan Ilmu Ekonomi Regional.
Tujuan ilmu ekonomi regional sebetulnya tidak jauh berbeda dengan tujuan ilmu ekonomi lainnya. Ferguson (1965) mengatkan bahwa tujuan utama kebijakan ekonomi adalah Full Employment, Economic growth, dan price stability. Uraian atas masing-masing tujuan tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut :

1. Menciptakan Full Employment atau setidak-tidak tingkat pengangguran yang rendah menjadi tujuan pokok pemerintah pusat maupun daerah. Dalam kehidupan masyarakat, pekerjaan bukan saja berfungsi sebagai sumber pendapatan, tetapi sekaligus juga memberikan harga diri/status bagi yang bekerja.

2. Adanya Economic growth (pertumbuhan ekonomi), karena selain menyediakan lapangan kerja bagi angkatan kerja baru, juga diharapkan dapat memperbaiki kehidupan manusia atau peningkatan pendapatan.

3. Terciptanya price stability (satabilitas harga) untuk menciptakan rasa aman/tentram dalam dalam perasaan masyarakat.

Referensi Artikel

Tarigan Robinson. 2005. Ekonomi Regional. Bumi Aksara : Jakarta


/[ 0 komentar Untuk Artikel Definisi dan Tujuan Ilmu Ekonomi Regional]\

Post a Comment