Advertise

Pengertian Biaya Produksi dan Komponen Biaya

jalurbaru'S BLOG

on Tuesday, June 18, 2013 | 11:22 AM

Pengertian Biaya Produksi dan Komponen Biaya. Menurut Sutrisno (2009) bahwa biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk selesai.

Menurut Mursyidi (2008) biaya produksi adalah biaya yang mempunyai hubungan langsung dengan suatu produk (production cost/manufacturing cost/factory cost).

Menurut Sadono Sukirno (2003) dapat didefinisikan sebagai semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksi perusahaan tersebut.
Komponen Biaya
Menurut Mulyadi (2005) merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk untuk dijual.

Komponen-komponen biaya produksi

Menurut Armanto Witjaksono (2006) komponen biaya produksi terdiri dari:

a. Bahan langsung (direct materials) adalah semua bahan tang membentuk bagian integral dari barang jadi. Contoh: Tepung terigu sebagai bahan baku dasar pembuatan mie atau roti.

b. Tenega kerja langsung (direct labour) adalah tenaga kerja yang dikerahkan untuk mengubah bahan langsung menjadi barang jadi. Contoh: upah pekerja pabrik pengolahan tepung terigu menjadi roti; dimulai dari pekerja yang mengolah campuran bahan baku hingga pengemasannya.

c. Biaya overhead pabrik (BOP) adalah biaya-biaya produk selain bahan langsung dan biaya tenaga kerja. BOP ini kerap dibagi lagi atas:

1. Bahan tidak langsung adalah bahan yang dibutuhkan guna menyelesaikan suatu produk, tetapi pemakaiannya sedemikian kecil atau sulit di ukur per unit produk. Contoh:  dalam perusahaan persahaan buku, adalah sangat sulit mengukur konsumsi /kebutuhan lem per unit buku atau per batch sekalipun.

2. Tenaga kerja tidak langsung adalah tenaga kerja yang dikerahkan secara tidak langsung mempengaruhi pembuatan barang jadi. Contih: supervisor produksi yang mengwasi mutu proses pembuatan roti dan melakukan uji petik kualitas atas produk akhir.

3. Biaya tidak langsung lainnya. Secara sederhana dapat didefenisikan sebagai BOP selain BOP bahan tidak langsung dan BOP tenaga kerja tidak langsung. Contoh: berbagai macam pungutan atau retribusi  seperti izin keramaian/kebisingan, pemakaian air tanah, kebersihan, dan sebagainya. 

Referensi Artikel

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan : Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama. Yogyakarta : Ekonisia

Mursyidi. 2008 . Akuntansi Biaya: Conventionl Costing, JustIn Time, dan Activity-Based Costing. Bandung : PT. Refika Aditama

Sukirno, Sudono. 2003.  Pengantar Ekonomi Mikro, Edisi Ketiga.  Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta :  UPP STIM YPKN

Witjaksono Armanto. 2006. Akuntasi Biaya, Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu 

/[ 2 komentar Untuk Artikel Pengertian Biaya Produksi dan Komponen Biaya]\
andiny oktariana said...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Biaya Produksi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6236/1/JURNAL.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

anonymous said...

Pengertian Biaya Produksi?

Post a Comment