Advertise

Pengertian Economic Value Added

jalurbaru'S BLOG

on Wednesday, June 19, 2013 | 6:00 PM

Pengertian EVA. Menurut Brigham dan Houston (2001) berpendapat bahwa Economic Value Added (EVA) merupakan : “Estimasi laba ekonomis yang sesungguhnya dari perusahaan dalam tahun berjalan. EVA menunjukkan sisa laba setelah semua biaya termasuk modal ekuitas dikurangkan atau selisih laba operasi bersih setelah pajak dikurangi biaya modal.”

Menurut Mulyadi (2001), Economic Value Added (EVA) adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba melebihi biaya modal yang diinvestasikan dalam perusahaan.

Menurut Widjaja, Amin (2001), EVA merupakan :
Pengertian EVA
1. Alat ukur prestasi keuangan berdasarkan nilai.

2. Alat ukur yang dapat memperlihatkan secara absolut (dalam nilai rupiah) berapa shareholder yang telah diciptakan atau dihancurkan.

3. Alat ukur yang berkaitan dengan harga saham. Dalam hal ini semakin baik kinerja perusahaan, EVA meningkat dan bernilai positif, maka kemungkinan harga saham juga akan meningkat di bursa efek.

4. Memberikan dasar terciptanya sistem kompensasi yang mampu memotivasi seluruh komponen perusahaan untuk menciptakan nilai kepada pemegang saham.

Lebih lanjut Widjaja, Amin (2001) mengatakan EVA adalah:

“Laba yang tertinggal setelah dikurangi dengan biaya modal yang diinvestasikan untuk menghasilkan laba tersebut. Suatu sistem manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya dan biaya modal”.

Dari defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa EVA merupakan laba operasional bersih setelah pajak dikurangi dengan biaya modal atau dengan kata lain EVA merupakan pendapatan sisa atau sisa laba yang diperoleh dengan mengurangkan biaya modal terhadap laba operasi atau laba usaha, jadi EVA ditentukan oleh dua hal yaitu laba operasional bersih setelah pajak dan tingkat biaya modal. Laba operasional setelah pajak menggambarkan hasil penciptaan nilai dari perusahaan. Sedangkan biaya modal didefinisikan sebagai pengorbanan yang dikeluarkan dalam penciptaan nilai tersebut.

Referensi Artikel

Brigham, Eugene F And Houston Joel F. 2001. Manajemen Keuangan (diterjemahkan oleh Ir. Kirbrandoko, MSM dan Drss. A. Jaka Wasana M. MSM). Jakarta : Penerbit Erlangga

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard. Edisi Pertama. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Amin, Widjaja. 2001. Economic Value Added. Teori Soal dan Kasus. Jakarta : Harvarindo

/[ 1 komentar Untuk Artikel Pengertian Economic Value Added]\
Mohammad Yaskun said...

Thanks

Post a Comment