Advertise

Pengertian Metodologi Penelitian

jalurbaru'S BLOG

on Tuesday, October 28, 2014 | 5:56 PM

Pengertian Metodologi Penelitian. Metodologi penelitian berasal dari kata metode yang artinya cara yang tepat untuk melakukan sesuatu, logos yang artinya ilmu atau pengetahuan. Jadi metodologi artinya cara melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan penelitian adalah suatu kegiatan mencari, mencatat, merumuskan dan menganalisis sampai menyusun laporannya.
Pengertian Metodologi Penelitian

Tentang istilah penelitian banyak para sarjana yang mengemukakan pendapatnya seperti :

David H. Penny

Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.

J. Suprapto MA

Penelitian ialah penelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati –hati serta sistematis.

Sutrisno Hadi MA

Sesuai dengan tujuaanya penelitian dapat didefinisikan sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji suatu kebenaran suatu pengetahuan.

Mohammad Ali

Penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu dengan melalui penyelidikan atau melalui usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahannya

Dari batasan-batasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan metodologi penelitian adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang membicarakan/mempersoalkan mengenai cara-cara melakukan penelitian (yaitu meliputi kegiatan-kegiatan mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis sampai menyusun laporannya) berdasarkan fakta-fakta atau gejala-gejala secara ilmiah. Lebih luas lagi dapat dikatakan bahwa metodologi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara melakukan pengamatan dengan pemikiran yang tepat secaraterpadu melalui tahapan-tahapan yang disusun secara ilmiah untuk mencari, menyusun serta menganalisis dengan mengumpulkan data-data sehingga dapat dipergunakan untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu  pengetahuaan berdasarkan bimbingan tuhan.

Referensi Artikel

Narbuko Cholid dan Achmadi Abu.2013. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara : Jakarta


/[ 0 komentar Untuk Artikel Pengertian Metodologi Penelitian ]\

Post a Comment