Advertise

Pengertian HIV/AIDS

jalurbaru'S BLOG

on Monday, July 15, 2013 | 5:20 AM

Pengertian HIV dan AID. HIV dalam bahasa inggris merupakan singkatan dari Human Imunnodeficiency Virus, dalam bahasa indonesia berarti Virus penyebab menurunnya kekebalan tubuh manusia.

Virus adalah jasad adalah jasad renik hidup yang amat kecil sehingga dapat lolos melalaui jaringan yang teramat halus atau ultrafilter. Jadi, HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan kemudian menimbulkan AIDS.
Pengertian AIDS
Virus HIV menyerang salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi untuk kekebalan tubuh. Virus HIV ditemukan dalam darah, cairan vagina, cairan sperma dan ASI. Penemu Virus HIV ini adalah Prof. Luc Montagnier dari Lembaga  Pasteur di Paris Perancis pada bulan Mei 1983.

Pengertian AIDS

AIDS adalah kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Acquired berarti didapat, bukan keturunan. Immune terkait dengan sistem kekebalan tubuh kita. Deficience berarti kekurangan.

Syndrome atau sindrom berarti penyakit dengan kumpulan gejala, bukan gejala tertentu. Jadi, AIDS berarti kumpulan gejala akibat kekurangan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh dibentuk setelah lahir.

Jelasnya, AIDS adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia yang didapat ( bukan karena keturunan) tetapi desebabkan oleh virus HIV.

Sistem kekebalan tubuh biasanya melindungi tubuh terhadap serangan dari penyakit-penyakit yang akan masuk, tatapi bila tubuh telah terinfeksi oleh HIV secara otomatis kekebalan tubuh akan berkurang dan menurun sampai suatu saat tubuh tidak lagi mempunyai daya tahan terhadap penyakit dan mudah terjangkit penyakit . Bila itu terjadi, penyakit yang biasanya tidak berbahayapun akan dapat membuat orang tersebut sakit parah atau meninggal.

Referensi Artikel

Maryunani, Anik. 2009. Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Bayi. Jakarta : Trans Info Media


/[ 0 komentar Untuk Artikel Pengertian HIV/AIDS]\

Post a Comment